LITERASI MATEMATIKA LAMAHOLOT
Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc
Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc
Pesatnya perkembangan teknologi dan derasnya arus globalisasi telah
berpengaruh pada perubahan pola hidup masyarakat. Demikian juga dampaknya
terhadap perubahan budaya bangsa dan budaya lokal pun tak terhindarkan. Nilai-nilai
budaya yang menjadi perekat kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
semakin luntur (Suwarsono, 2014). Sikap dan perilaku ramah, santun, kerjasama, saling
menolong, saling menghormati, dan saling menghargai semakin terkikis dan bahkan
lama-kelamaan bisa hilang. Perkelahian para pelajar, kekerasan terhadap siswa,
pemukulan guru oleh orangtua murid, perkelahian antar suku, konflik horizontal dalam
masyarakat sering terjadi di mana-mana baik di lingkungan desa maupun di kota.
berpengaruh pada perubahan pola hidup masyarakat. Demikian juga dampaknya
terhadap perubahan budaya bangsa dan budaya lokal pun tak terhindarkan. Nilai-nilai
budaya yang menjadi perekat kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
semakin luntur (Suwarsono, 2014). Sikap dan perilaku ramah, santun, kerjasama, saling
menolong, saling menghormati, dan saling menghargai semakin terkikis dan bahkan
lama-kelamaan bisa hilang. Perkelahian para pelajar, kekerasan terhadap siswa,
pemukulan guru oleh orangtua murid, perkelahian antar suku, konflik horizontal dalam
masyarakat sering terjadi di mana-mana baik di lingkungan desa maupun di kota.
Berbagai usaha dilakukan pemerintah Indonesia untuk mempertahankan dan
melestarikan budaya bangsa dan budaya lokal. Salah satu upaya yang dilakukan
pemerintah adalah melalui gerakan revolusi mental bagi seluruh komponen bangsa.
Disamping itu juga dilaksanakan pendidikan karakter bagi para siswa di jalur pendidikan
formal.
melestarikan budaya bangsa dan budaya lokal. Salah satu upaya yang dilakukan
pemerintah adalah melalui gerakan revolusi mental bagi seluruh komponen bangsa.
Disamping itu juga dilaksanakan pendidikan karakter bagi para siswa di jalur pendidikan
formal.
Pendidikan matematika sebagai bagian dari pendidikan formal turut berperan
dalam upaya pelesatarian budaya dan penanaman nilai-nilai budaya serta pembangunan
budaya bangsa (Suwarsono, 2014). Untuk itu kajian budaya dari aspek matematika sangat
dibutuhkan karena matematika merupakan konstruksi sosial-budaya, produk budaya, dan
terkandung dalam budaya (Ernest, 1993; Bishop, 1988; Dowling, 1998; Gerdes, 1997).
Hasil kajian matematika dalam budaya yang kemudian diintegrasikan dalam
pembelajaran matematika merupakan upaya sistematis melalui pendidikan (pendidikan
matematika) dalam pelestarian dan pewarisan budaya. Dalam hal ini matematika juga
memiliki kekuatan yang dapat digunakan untuk mempertahankan budaya dan memajukan
budaya karena matematika itu sendiri terkandung dalam budaya dan menyatu dengan
budaya.
dalam upaya pelesatarian budaya dan penanaman nilai-nilai budaya serta pembangunan
budaya bangsa (Suwarsono, 2014). Untuk itu kajian budaya dari aspek matematika sangat
dibutuhkan karena matematika merupakan konstruksi sosial-budaya, produk budaya, dan
terkandung dalam budaya (Ernest, 1993; Bishop, 1988; Dowling, 1998; Gerdes, 1997).
Hasil kajian matematika dalam budaya yang kemudian diintegrasikan dalam
pembelajaran matematika merupakan upaya sistematis melalui pendidikan (pendidikan
matematika) dalam pelestarian dan pewarisan budaya. Dalam hal ini matematika juga
memiliki kekuatan yang dapat digunakan untuk mempertahankan budaya dan memajukan
budaya karena matematika itu sendiri terkandung dalam budaya dan menyatu dengan
budaya.
Selengkapnya: klik link di bawah ini!
No comments:
Post a Comment